Adab-Adab Hari Jumat

  1. Memperbanyak doa dan mendekatkan diri kepada Allah, karena di hari jumat terdapat waktu yang mustajab (dikabulkan doa)
  2. Memperbanyak shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Perbanyaklan oleh kalian shalawat kepadaku pada hari jumat dan malam jumat karena satu kali barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali niscaya Allah bershalawat  kepadanya sepuluh kali “.

3. Mandi besar, memakai Wangi-wangian, dan memakai pakaian yang terbagus.

Hal tersebut berdasarkan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :  “Tidaklah seseorang mandi pada hari jumat, dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak Wangi dari rumahnya, kemudian (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lau diam mendengarkan (dengan seksama) ketika iman berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara Jumat tersebut dan ke Jumat berikutnya. [HR Al. Bukhari no. 883]

4. Membaca al-Qur’an surat al-Kahfi

Bedasarkan hadist : “Barangsiapa membaca surat ak-Kahfi pada hari jumat akan diberikan cahaya baginya di antara dua jumat.

5. Bersegera untuk datang lebih awal pada shalat jumat

Hal ini berdasarkan Hadist : “Barangsiapa yang mandi pada hari jumat seperti mandi janabah lalu segera pergi ke masjid, maka seakanakan berrkurban denga unta yang gemuk.” [HR. Al-Bukhari no.881, Muslim no.850, Abu Dawud no.351, at-Tirmidzi no.499]

6. Hendaknya mengerjakan shalat sunnah JUmat maka shalat (sunnah) lah empat raka’at.” [HR. Muslim no.881 (68) ]

Mengerjakan shalat sunnah empat rakaat setelah shalat jumat dikerjakan seterlah selesai berdzikir atau telah keluar dari masjid, [HR. Muslim no.833] dapat pula dikerjakan di masjid sebanyak dua rakaat kemudian ditambah dua rakaat lagi dikerjakan di rumah. [HR. Muslim no. 881]

by :permata sunah

Iklan

Hukum Riya

Hukum asal Riya adalah Syirik Asghar (syirik kecil) yang tidak mengeluarkan pelakunya dari Islam. Namun apabila riya dilakukan di seluruh amal ibadah, dia sama sekali tidak mengharapkan ridha Allah Ta’ala di setiap ibadahnya serta tujuan dari seluruh ibadahnya hanya untuk diterima masyarakat atau agar harta dan darahnya terjaga, maka yang semisal ini adalah perbuatan riya orang munafik. Dan ini termasuk Syirik Akbar (syirik besar yang mengeluarkan dari Islam). Allah Ta’ala berfirman : ‘Sesungguhnya orang  munafik itu hendak menipu Allah, maka Allah membalas tipuan mereka. Apabila mereka berdiri untuk sholat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud untuk dilihat orang(riya), tidaklah mereka mengingat Allah kecuali sedikit “. [QS.An Nisa :142]

Beberapa Contoh Perbuatan Riya

  1. Memperbagus ibadah di hadapan manusia agar dapat predikat sebagai ahli ibadah.
  2. Mengunggah foto saat berdoa di depan ka’bah agar orang-orang tau dirinya baru pulang haji atau umrah (walaupun mungkin tidak semuanya demikian).
  3. Merendahkan dirinya di hadapan manusia dengan tujuan agar mendapat pujian sebagai orang yang tawadhu, dan masih banyak lagi.

by : permata sunah

Tanda-Tanda Keikhlasan

  1. Suka menyembunyikan amalan yang tidak perlu ditampakkan.

Allah Ta’ala berfirman : “Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan  kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”[QS.Al Baqarah :271]

2. Selalu menuduh diri kita dengan kekurangan tidak memuji dirinya sendiri apabila dia dapati kebaikan padanya.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; “Barangsiapa mendapatkan kebaikan hendaknya ia memuji Allah. Dan barangsiapa yang menjumpai selain itu, janganlah is mencela kecuali kepada dirinya sendiri.” [HR Muslim]

3. Tidak menanti balasan dan ucapan terima kasih dari orang lain, karena yang diharapkannya hanya Wajah Allah Ta’ala.

Allah ta’ala berfirman :” Sesungguhnya kami memberikan makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah, kami tidak mengharapkan balasan darimu dan tidak pula ucapan terima kasih” [QS. Al Insan :9)

4. SIkapnya sama saja ketika mendapat pujian atau celaan. Apabila dipuji tidak menambah kerajinannya dan jika tidak mengendorkan dirinya dari beramal.

by : permata sunah 

Musibah datang karena Maksiat

Allah Ta’ala berfirman :

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri (dosa-dosamu) dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” [QS.Asy-Syura:Ayat 30]

Ibnu Qoyyim Al Jauziyah rahimahullah mengatakan, “Diantara akibat dari berbuat dosa adalah menghilangkan nikmat dan akibat dosa adalah mendatangkan bencana (musibah). Oleh karena itu, hilangnya suatu nikmat dari seorang hamba adalah karena dosa. Begitupula datangnya berbagai musibah juga disebabkan oleh dosa.” (Al Jawabul Kaafi,hal.87).

Dari sini, maka sudah sepatutnya direnungkan, boleh jadi setiap musibah yang menimpa kita sehingga menyulitkan berbagai aktivitas yang ada sebenarnya karena dosa-dosa kita sendiri. Cobalah lihat bagaimana di sebagian masyarakat kita masih mempertahankan tradisi atau ritual yan berbau syirik, sukanya memakai jimat-jimat sebagai penglaris, kuburan begitu diagungkan dan dipuja, dan sebagainya.

Begitu pula banyak ritual mengatasnamakan Islam namun tidak pernah diajarkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam tersebar luas di tengah masyarakat dam terus dipertahankan. Belum lagi betapa sering sebagian orang meninggalkan shalat lima waktu yang wajib.

Begitu pula zina dan berpakaian yang buka-bukaan aurat sudah dianggap biasa ditengah-tengah masyarakat kita. Inilah barangkali sebab datangnya musibah demi musibah yang menimpa negeri kita, berupa gempa bumi, tsunami, letusan, gunung berapi, banjir dan yang lainnya. Sudah seharusnya kita intropeksi siri akan hal dan bersegara bertaubah pada Allah.

‘Ali bin Abi Tholib Radhiyallau ‘anhu mengatakan, “tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Olwh karena itu, tidakklah bias musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.

 by : permata sunah

Beberapa Tips agar terhindar dari Fitnah Dunia

Fitnah dunia adalah fitnah yang sangat dahsyat pengaruhnya hingga nyaris tidak ada seorang pun selamat darinya. Agar tidak terpedaya fitnahnya tersebut, ada beberapa tips berikut ini :

  1. Tidak mencintai siapapun dan apapun yang ada di Dunia ini secara berlebihan apalagi sampai mengagungkannya.
  2. Jangan terlalu berambisi mengais rezeki dan mencari Dunia sampai harus mengorbankan kewajibannya sebagai hamba Allah (tauhid dan ibadah).
  3. Tunaikan kewajiban pada setiap karunia Allah seperti istri & anak wajib dididik secara islami, harta wajib dizakatkan dan demikian juga pada hal yang lain.
  4. Jangan pernah menyalahgunakan nikmat dan amanah Allah tersebut dengan memakainya untuk hal yang haram.

by : permata sunah

Kematian tidak tergantung pada usia tapi pada takdir yang telah di tentukan oleh yang maha kuasa . kita tidak pernah tahu kapan hidup kita harus berakhir di dunia . walaupun kita lagi sehat / sakit, senang /pun susah . mungkin ada juga mereka yang akan mengakhirkan hidupnya sebelum mereka belum ditakdirkan oleh yang maha kuasa dengan cara memberentikan nyawanya / bunuh diri . justru qta harus bersyukur kita belum di takdirkan untuk kembali ke alam kita yang sebenarnya tapi sebagian besar orang tidak memanfaatkannya untuk merasakan nikmat hidup dengan berlomba-lomba memperbanyak pahala, mempertebal keimanan, bersilaturahmi, mencari ilmu yang baik di dunia. Mungkin mereka yang melakukan itu karena sudah tidak tahu cara menyelesaikan masalahnya , mungkin ketika kita sedang bnyk masalah / di timpah musibah ALLAH itu rindu dengan doa kita, solat kita untuk meminta padanya, karena setiap masalah yang menimpah kita tidak mungkin tidak ada jalan keluarnya .

 

My crazy experience

When I was in senior high school. I followed an extraculicular activity. it was merpati putih or silat. At first I felt very tired because we must warm up by running for quite a long time. There we learned a lot about steps to fight. After six months, We would go to the next level. There we had a physical test such as running, fighting and breaking heavy goods. on Saturday night, We went to salemba by bus, We started warming at 2 o’clock am until 5 o’clock am. it was very tiring. after that we have short rest. then , at 6’clock am we had to fight  and it was very fun. and the last one was breaking heavy goods. the first was breaking an iron and I succeed . the second we had to break concrete and I also managed it. but when I had to break iron with concrete and I failed it. and then my foot bleed and my toenail was broke. my teacher gave a good medicine but my blood would not just stop. after we all had finished, we came back home. at home my mom was shocked because she saw my foot was full blood and my toenail was broke. fortunately, my mom gave a good medicine she gave kerosene to my foot and I slept because I was very tired. after I wake up my blood stopped and after a few months my toenail grew up again. that was my crazy experience but was amazing. unfortunately, I can’t follow again because I’m very busy and tired with my work …

My first exam that need to fight

Sebelumnya gue punya banyak pengalaman yang menarik dan ada juga yang buruk tapi kali ini gue punya pengalaman yang hampir bikin gue putus asa yaitu ketika ujian semester awal , ujian di mulai jam 18:30 . gue berangkat dari rumah jam 16:00 . gue sampe stasiun itu sekitar jam 16:30. tumben banget ini stasiun ramai emank sih hari kerja sore pula tapi tidak biasanya . ternyata pas gue denger dari orang-orang ada gangguan rel kereta anjok di jayakarta / mangga besar gue agak lupa cz sudah lama juga kejadiannya . kata petugasnya ada satu kereta yang sudah melewati jalur jayakarta/mangga besar dan katanya ada di juanda dan ada satu kereta yang stay di manggarai . berhubung gue sudah ada di stasiun cikini akhirnya gue lebih memilih kereta yang ada di juanda . gue nunggu sekitar 1 jam an . dan gue sudah gelisah banget karena kan ujian mulai jam 18:30 dan gue harus naik 2 mobil lagi dan melewati jalur yang macet . alhamdulilah kereta datang juga . tapi ternyata buset dach penuh banget dan masuk nya saja harus dorong-dorongan gue paksain diri untuk masuk tapi kaga bisa karena bener-bener sudah padat banget sampe perut bapak-bapak aja kegenjet pintu haha kocak tapi kasian mungkin karena dia buru-buru x ea . gue stress banget karena sudah jam 17:40 . akhirnya gue telepon temen gue yang kerjanya di pondok kopi dan minta anterin . alhamdulilah banget dia mau . gue nungguin dia agak lama banget tapi maklum karena kan macet juga , ujan pula astagfirullah bener bener gue sudah mau nyerah . akhirnya temen gue datang jam 18:20 . gila gag tuh . sedangkan ujian dimulai tinggal 10 menit lagi mana cukup waktunya dari cikini sampe ke pasar rebo dalam waktu 10 menit. akhirnya gue paksain dan gue coba untuk ikut ujian dan sepanjang jalan gue berdoa agar di bolehin ikut ujian walaupun tidak ada tambahan waktu. di tengah jalan sekitar jam 19:30 an belom nyampe juga , sedangkan selesainya saja jam 20:15. akhirnya gue nyampe jam 19:57 dan sudah banyak banget yang pulang tapi gue tetap mau nyoba dulu dan gue berharap banget masih diterima dan gue gag mau ikut ujian susulan . akhirnya gue masuk kelas dan gue lihat masih banyak yang belum selesai . pengawasanya gag izinin gue untuk ikut karena waktu sudah mau habis tapi gue mohon-mohon dan gue kasih penjelasan yang real kenapa gue bisa telat dan pengawasanya tetap gag izinin gue dan gue tunjukin peraturan kartu ujian yang salah satunya itu “jika terlambat tidak ada tambahan waktu” dan alhamdulilah pengawasanya ngizinin gue untuk nyelesain soal-soal dalam waktu 10 menit . gue bener-bener sudah gag konsen , ngos-ngosan, lepek pula karena ujan. pas gue baca soalnya gue gemeteran sebenarnya gue ngerti sama semua soal-soalnya sudah gue pelajarain semuanya . tapi gue mikirin waktunya sebagian bisa gue kerjaian dan sebagian lagi dikasih jawaban sama temen-temen gue.. untung temen-temen sekelas gue pada care  . dan alhamdulila selesai semua walaupun tulisan gue acak acakan. yang ujung-ujungnya gue di ketawain sama temen-temen tapi dengan hasil yang cukup puas walaupun sebagian gue nyontek hahaha.

Ada semboyan yang mengatakan “lebih baik terlambat dari pada tidak masuk ” itu semboyan yang ada waktu gue SMA . okelaah kalo untuk sekolah memang lebih baik seperti itu . tapi kalo untuk ujian “lebih baik kaga terlambat dari pada kaga konsen” . yaa gue terlambat gara-gara transportasi umum bukan dari diri guenya . mulai sekarang gue harus lebih prepare lagi untuk masalah waktu dan kendaraannya . karena setiap kendaraan umum tidak selamanya berjalan mulus maksudnya pasti kendaraan tersebut mempunyai kendala yaa entah kendaraannya atau jalur nya …

fake friend

Zaman sekarang bener-bener gelap sampai gag bisa dibedakan. istilah abis manis sepah dibuang itu ternyata banyak bentuknya, kebanyakan orang bilang itu masalah cinta tapi ternyata yang gue tahu bukan cinta aja tapi temen pun juga ada , yaa bisa disebut ” fake friend”. banyak cerita dari temen-temen gue yang dia bilang itu sahabat sejati, sayang banget dach pokoknya sampai gue lakuin apapun demi sahabat gue “katanya”,  kalo zaman sekarang kebanyakan bentuk persahabatan itu dari “GENK” . biasanya bermula dari sekolah-sekolah  dari SMA,SMP ada juga yang SD sampai di perkuliahan pun juga ada. gue juga dulu punya GENK waktu SMP ada 6 orang beda-beda karakter kalo di bilang fake friends kayanya mah kaga ada tapi kalo untuk ngomong-ngomongin di belakang mah pasti ada wajarlaa bosen itu manusiawi. bentuk dari fake friend itu kan seperti menjerumuskan / nusuk dari belakang yang berawal manis kalo menurut gue. kalo gue sendiri kayanya alhamdulilah banget belom tahu rasanya fake friend, tapi waktu itu temen gue anak reggae ngajakin bikin tattoo gue kurang tahu tujuan dia apa entah mau bayarin gue atau lagi ada diskon kalo ngajak temen. terus ada juga yang ajakin gue ngerokok tapi alhamdulilah gue bisa jaga diri . kalo untuk nusuk dari belakang sempet nething cie sama temen gue masalah cinta dulu waktu gue masih sekolah, tapi gue salah duga ternyata cowoknya sendiri yang demen kalo temen gue mah kaga , sue toe cowok. itu sebagian kecil yang gue anggap fake friend tapi semuanya salah. ada beberapa kisah dari temen/ temennya temen gue masalah ini. katanya sudah lama banget temenan , sudah saling percaya juga, suka duka bareng yaa bisa di bilang sahabat sejati “katanya”. bangga yaa kalo kita punya sahabat sejati. kisahnya gini ” temen gue punya pacar dia sering curhat tentang pacarnya ke sahabatnya dari kebaikannya sampai kejelekannya . kalo secara fisik di bilang cakepan sahabatnya daripada temen gue . tapi namanya cowok suka mandang dari fisiknya dulu kalo hati mungkin belakangan kali ea rata-rata seperti itu. dari cerita kebaikan cowoknya pandangan sahabat nya itu gue banget “katanya”. so lama-lama toe sahabatnya tertarik ,yaaa namanya manusia kalo sudah khilaf mah kaga mandang apapun entah dia akan rugi sendiri / merugikan orang lain. ya udalaa pendekatan pun di mulai dari sms an so so nasehatin cowoknya jangan nyakitin ceweknya (sahabatnya).dari situlaa saling perhatian pun mulai timbul . katauan banget yaa cowoknya kaga setia . akhirnya lama kelamaan pun temen gue tahu . ibarat kita main petak umpek , dimana pun kita ngumpetnya sekecil apapun tempatnya sampai berhari-hari kita tidak bisa ditemukan dan akhirnya terjebak di tempat itu sampai-sampai gag bisa nafas terus dead itu pasti bakal ketahuan baunya. dari kejadian yang sahabatnya nusuk dari belakang, temen gue gag percaya lagi sama yang namanya sahabat sejati. tapi tidak semua orang seperti itu . ada lagi nie kata nya lebih parah , ini gue denger dari temennya temennya temen gue, katanya ada sahabat yang ngejerumusin temennya ke hal hal yang hina banget , ya allah ada yaa orang kaya gitu. seperti biasa awalnya mah manis sampai katanya (kalo lo ada apa-apa cerita aja ke gue , kapan pun lo butuh , gue akan selalu ada buat lo ) fake banget yaa .. selama kebaikan yang sahabatnya kasih buat temennya di balik semua itu ada maunya. dari situ sahabatnya pun ngajakin nongkrong bareng with temen-temen cowoknya dari situ dikenalin satu per satu . pas ada pesta ulang tahun salah satu dari temennya di situlaa temennya menjerumuskannya ke pergaulan bebas yang awalnya makan-makan, mabok sampai akhirnya di kasih obat sehingga temennya tertidur dan bangun-bangun dia sudah tidak mengenakan apa-apa astagfirulaah . jahat banget itu sahabatnya. setelah diminta penjelasan sahabatnya pun hanya bilang ( gue gatau soal itu , pas lo lagi tidur gue bangunin lo tapi  lo kaga bangun-bangun yauda gue pulang aja lagian sudah malem banget koe jadi gue pulang duluan ) . mulai laa adu bacot . dari situ temennya temennya temen gue , jadi mengurung diri semenjak kejadian itu , tapi alhamdulila dia bangkit lagi dari masalah besar itu. dan dia menjadi orang yang dingin terhadap siapapun.

Jangan terlalu percaya sama seseorang yang walaupun sudah mengenalnya apalagi belom kenal sama sekali. yang namanya pilih-pilih temen itu wajar yaa tapi kan terkadang kita juga tidak bisa ngebedaain yang mana setia . semua orang kan kalo baru kenal awalnya baik tapi tidak tahu dibalik kebaikan semua itu akan seperti apa. terlalu milih-milih juga gag bagus netral aja yang penting bisa jaga diri dan tahu mana hal yang baik dan buruk. kalo temenan wajar-wajar aja jangan terlalu berlebihan apalagi sampai terbuka banget masalah pribadinya apalagi soal keluarga. semoga yang mengalami pengalaman yang buruk ini bisa dijadikan pelajaran untuk menjaga diri kita dari hal hal yang negative.

what we think , its true !!!

banyak kenangan yang manis-manis + pahit-pahit selama gue kerja di parkiran . dari yang gue belom tahu apa-apa tentang system parkir sampai gue merem dach maenin sistemnya. haha. pertama gue masuk parkir itu di TKC awal nya dimana-mana gag enak ea dari kerjanya sampai temen-temennya yaa itu wajar laaa, secara kita harus beradapitasi dulu . lama kelamaan asik banget kawan-kawannya, pengawasnya sampai ownernya . kalo untuk managementnya pas gue masi di TKC tertib banget dan ketat banget peraturannya tapi santai . pas ada peralihan PPRS baru di TKC mulai laa perang saudara merebutkan kursi kekuasaan building. ribet banget dan kita pun harus bekerja di luar untuk jagain toe asset-asset kita. ikutin aja peraturannya alhamdulilah owner kita baik banget kita pun digaji. tapi ending dari perang itu kita harus di pindahkan ke MK . gpplaa yang penting kita masih di pertahankan .dari situ temen gue satu per satu resign karena mereka mendapat pekerjaan yang baik lagi.pas gue pindah ke MK temen-temennya lebih banyak yaa gitu laa awal-awalnya masih kaku belom mengenal karakter satu sama lain. lama kelamaan gokil gokil anak-anaknya , loyalitas, solid laaa pokoknya asik dach . pas meeting bulanan kita semua kaget mendengar owner kita itu tiba tiba meninggal padahal dia sehat sehat saja yaa banyak bilang dia lagi banyak pikiran jadi dia ngdrop . hari itu yang tadinya cerah menjadi mendung karena mendenger kabar sedih banget. tapi sayangnya kita semua tidak bisa melihat jasadnya karena di bawa k luar kota. dari situ ada peralihan management , sayangnya di hand over salah orang kaga mengerti masalah system maupun bidang management nya , hah amburadul dah awalnya aja uda ketahuan pasti kebelakang-belakangnya juga offside ini “semua karyawan sudah berfikir nething duluan“. yasudah jalanin saja “kata anak-anak“. hahaha koplak anak”. mulailah berjalan system baru kesini-sininya sudah kaga nyaman banget dach peraturannya. seperti biasanya anak-anak mulai jenuh dan satu per satu resign. sampai akhirnya ditutup cabang ini dan memperumahkan anak-anak . tapi alhamdulilah banget gue sudah resign dari situ dan mendapat pekerjaan yang lebih baik lagi. tapi gue ngerasaain apa yang kawan-kawan gue alami sekarang. kasian yang pada punya anak. yaa mungkin ini sudah takdir nya akan terjadi seperti ini yang dimulai dengan kita mendapat management yang salah . gue juga sedih karena gag bisa ngumpul bareng lagi, ngopi, bercanda-canda sama mereka. gue berdoa agar semua kawan-kawan gue mendapat pekerjaan yang jauh lebih baik lagi .